Kamis, 03 Mei 2012

Apa Manfaat CBHRM?


Dengan kita menggunakan CBHRM sebagai landasan pengelolaan karyawan, semua bagian dalam HRD mempunyai landasan yang sama untuk mencapai tujuan perusahaan, yaitu menggunakan competency. Jadi seluruh aktifitas SDM mengacu kepada kompetensi.
Kita bandingkan dengan pengelolaan SDM yang tidak menggunakan kompetensi, OD membuat jobdes dan struktur hanya untuk kepentingan administrative saja, kemudian disimpan dalam filling. Recruitmentnya menyeleksi karyawan dengan kriterian dan ukurannya sendiri, kemudian hasil dari recruitment itu hanya berhenti sampai di recruitment saja. Kemudian training melakukan TNA untuk dasar pelaksanaan training dan melaksanakan training sesuai dengan hasil TNA saja. Hasil performance appraisal hanya disimpan dalam laci sebagai data saja. Kenaikan gaji pun didasarkan oleh penilaian subyektif atasan dan seterusnya. 
Jadi manfaat yang bisa diambil adalah :
  1. CBHRM merupakan media yang tepat dalam mengimplementasikan tujuan organisasi kepada karyawan
  2. Setiap bagian dalam hrd memiliki arah tujuan dan focus yang sama.
  3. Setiap aktifitas hrd bermanfaat untuk bagian lain dalam hrd, sehingga tidak perlu pengulangan aktifitas.
  4. Hrd lebih focus pada pengembangan dan pengelolaan SDM.
  5. Produktifitas HRD meningkat.
  6. Karyawan mengerti apa yang di tuntutkan kepadanya dan perusahaan memiliki kriteria yang jelas untuk standar jabatan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar