Sabtu, 20 September 2014

CONTOH PERTANYAAN UNTUK MENGUKUR KOMPETENSI

Orientasi pelayanan konsumenPertanyaan
Perilaku PositifMemenuhi permintaan atau  harapan konsumen/orang lain/departemen lain dengan ramah.
Melayani komplainan dari konsumen/orang lain/departemen lain dengan ramah.
Memberikan informasi yang membantu konsumen/orang lain/departemen lain.
Mencari tahu harapan konsumen/orang lain/departemen lain
Secara aktif mencari tahu hal-hal yang memuaskan dan hal-hal yang kurang memuaskan konsumen/orang   lain/departemen lain.
Menyelesaikan masalah yang terjadi dengan konsumen/orang lain/departemen lain hingga tuntas dan menguntungkan kedua belah pihak.
Mencari informasi yang riil tentang kebutuhan-kebutuhan baru dari orang lain/departemen lain/konsumen dan melakukan penyesuaian terhadap pelayanan yang diberikan.
Perilaku negatif
Kurang tanggap terhadap kebutuhan/permintaan dari konsumen/orang lain/departemen lain.
Merasa lebih mengetahui apa yang dibutuhkan/diharapkan konsumen/departemen lain/orang lain.
Tidak menjalin komunikasi dengan konsumen/orang lain/departemen lain, hanya terfokus pada tindakan.
Dalam menyelesaikan permasalahan, cenderung mengikuti dan menuruti apa yang diminta konsumen.
ceritakan pengalaman Anda ketika Anda memberikan bantuan/menindaklanjuti permintaan / memberikan pelayanan kepada orang lain/departemen lain/konsumen!Bantuan apa yang diminta saat itu?
Ceritakan situasi /keadaan yang Anda hadapi saat dimintai pertolongan?
Apa yang Anda lakukan saat itu?
Apakah Anda mendapatkan kritikan atau komplain saat itu?apa yang Anda rasakan?
Bagaimana Anda menghadapi  komplainan tersebut?
Ceritakan orang/departemen/pihak yang paling banyak meminta bantuan dari Anda atau orang/ departemen/ pihak yang meminta bantuan Anda secara rutin (regular)!
Bantuan seperti apa yang diminta?
Seberapa baik Anda dapat memenuhi harapan/permintaan tersebut?
Bagaimana Anda mengetahui bahwa persepsi Anda benar?(berkaitan dengan seberapa baik ybs dapat memenuhi harapan orang lain/dept.  lain).
Langkah-langkah apa yang Anda ambil untuk meningkatkan kualitas pelayanan/jasa yang diberikan?
Uraikan pengalaman ketika Anda harus menggunakan tanggung jawab dan otoritas Anda untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan hasil kerja Anda/tim Anda kepada orang lain/departemen lain/konsumen?
Apa permasalahan yang muncul saat ini?
Mengapa hal itu terjadi?
Tindakan apa yang Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?
Bagaimana hasil penanganan yang Anda lakukan?
Kerjasama TimPertanyaan
Perilaku positifnIkut berpartisipasi dan ikut ambil bagian dalam kerja tim, memberi dukungan dan terlibat d dalam kelompok.
nMenghargai inputan dari anggota tim yang lain.
nBerusaha untuk melibatkan orang lain dalam menyelesaikan permasalahan.
nAktif melibatkan orang lain dalam menentukan suatu kebijakan.
nMendorong anggota tim untuk memberikan masukan dalam menentukan kebijakan atau membuat perencanaan-perencanaan.
Perilaku negatif.
nLebih menyukai bekerja sendiri.
nJarang memberikan dukungan pada orang lain/anggota tim.
nKurang memperhatikan pendapat atau masukan dari orang lain/anggota tim.
nTidak memperhatikan dan tidak menyelesaikan perbedaan-perbedaan yang muncul di dalam tim.
nMendahulukan kepentingan pribadi daripada kepentingan kelompok.
nCeritakan pengalaman Anda ketika Anda menjadi bagian/anggota dalam sebuah tim/kelompok/organisasi!qApa tujuan dari tim/kelompok,organisasi tersebut?hal apa yang ingin dicapai saat itu?
qApa peran Anda dalam tim/kelompok,organisasi tersebut?
qTindakan-tindakan apa yang Anda lakukan dalam rangka mencapai tujuan dari tim/kelompok/organisasi tersebut?
qBagaiamana hasil kerja dari tim/kelompok/organisasi tersebut?
nGambarkan situasi dimana Anda harus mengarahkan tim untuk menyelesaikan suatu tugas/pekerjaan?
qApa tugas yang harus Anda selesaikan?tindakan-tindakan apa saja yang Anda lakukan saat itu?
qApa pendapat anggota tim Anda terhadap tindakan Anda?
qBagaimana tanggapan Anda terhadap pendapat dari anggota tim Anda saat itu?
qApa yang dilakukan oleh anggota tim Anda saat itu?
qApakah ada anggota tim yang melakukan tindakan tidak sesuai dengan rencana yang Anda buat saat itu?
qApa pendapat Anda tentang tindakan tersebut?
qCeritakan hasil kerja tim Anda?
nCeritakan situasi dimana Anda harus melakukan suatu perubahan dalam tim atau membuat suatu kebijakan baru yang berdampak pada tim Anda!
qSituasi apa yang mendorong Anda untuk melakukan suatu perubahan?
qLangkah-langkah apa yang Anda ambil dalam membuat keputusan tersebut?
qBagaimana reaksi dari anggota tim Anda?
qApakah terjadi perbedaan pendapat (pro & kontra) di dalam tim Anda?
qBagaiaman Anda menyelesaikan perbedaan tersebut?
 n 
Orientasi pada hasil kerjaPertanyaan 
Perilaku positif.nTermotivasi untuk mencapai target yang telah ditentukan oleh perusahaan.
nTerbuka terhadap tantangan-tantangan baru.
nMenetapkan target pribadi dalam menjalankan suatu tugas atau pekerjaan dan mencapai target tersebut.
nMampu melebihi target yang telah ditentukan oleh perusahaan/orang lain.
nMenetapkan strategi-strategi baru untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul dan untuk mencapai hasil kerja yang maksimal.
nMenentukan target-target baru yang lebih menantang untuk diri sendiri maupun untuk tim dengan memperhitungkan kemampuan yang dimiliki.
Perilaku negatif.
nKurang termotivasi dalam mencapai target.
nLebih menyukai tugas-tugas yang sederhana.
nPencapaian target yang biasa-biasa saja.
nTidak melakukan perbaikan strategi walaupun hasil yang dicapai kurang maksimal.
nMenetapkan target-target yang biasa saja dan mudah untuk dicapai.
nKurang menyukai tugas-tugas baru atau tanggung jawab baru.
nCeritakan kepada kami peristiwa ketika Anda mendapatkan tanggung jawab untuk menyelesaikan suatu tugas/menyelesaikan suatu pekerjaan/mencapai suatu target!qSiapa yang memberikan tugas tersebut?
qApa yang harus dicapai saat itu?
qApa yang Anda lakukan saat itu?
qMasalah-masalah apa yang muncul?apa yang Anda lakukan?
qBagaimana hasil kerja Anda?
nCeritakan pengalaman ketika Anda merasa sangat termotivasi untuk menyelesaikan tugas/pekerjaan/mencapai suatu target!
qTugas apa yang harus diselesaikan/apa target yang harus dicapai?mengapa Anda begitu termotivasi untuk menyelesaikannya?
qApa stAndar pencapaian yang Anda tetapkan untuk diri Anda sendiri (berkaitan dengan tugas/target yang diberikan)
qKesulitan-kesulitan apa yang muncul dan bagaimana Anda mengatasi hal tersebut?
qBagaimana pencapaian yang Anda peroleh dalam menyelesaikan tugas/target yang diberikan?
nCeritakan pengalaman ketika Anda merasa telah berusaha maksimal dalam menyelesaikan tugas/mencapai suatu target, namun hasil yang dicapai tidak/kurang maksimal!
qMenurut Anda dimana letak kesalahan yang menyebabkan hasil kerja / pencapaian target  Anda atau tim Anda tidak/kurang maksimal?
qApa pendapat Anda tentang situasi yang Anda hadapi pada waktu itu?
qTindakan perbaikan apa yang Anda lakukan?
qBagaimana hasil tindakan yang Anda ambil?
nGambarkan situasi saat Anda menerima tanggung jawab baru atau saat Anda menetapkan target-target baru dalam dunia kerja Anda?
qTanggung jawab/target apa yang Anda peroleh/Anda tetapkan?
qBagaimana hal tersebut bila dibandingkan dengan tanggung jawab atau target-target sebelumnya?
qUpaya-upaya apa yang Anda lakukan untuk mewujudkannya?
qBagaimana hasil yang Anda capai
    
INOVASI UNTUK HASIL YANG LEBIH BAIKPertanyaan
Perilaku positif.nTerbuka terhadap ide-ide baru.
nMau betindak berdasarkan masukan atau ide-ide baru.
nMelihat kesempatan untuk melakukan perbaikan terhadap cara-cara konvensional.
nMemberikan solusi-solusi pemecahan masalah yang berbeda dari biasanya.
nBerani untuk bereksperimen untuk mendapatkan hasil yang berbeda dan lebih baik
nMelakukan tindakan berdasarkan ide-ide baru disesuaikan dengan situasi yang dihadapai.
nMenghadapi perubahan situasi (internal maupun eksternal) sebagai sarana untuk melakukan perubahan-perubahan baru / unik dan terarah.

Perilaku negatif.
nBerpikir secara konvensional dan tidak terbuka terhadap ide-ide baru.
nTidak menyukai perubahan.
nTidak mau mengambil resiko untuk mencoba hal-hal baru.
nKurang kreatif dalam menentukan solusi.
nMenyelesaikan masalah berdasarkan kejadian / pengalaman di masa lalu saja tanpa berusaha mencari solusi yang dapat memebrikan hasil yang lebih baik.
nUraikan pengalaman Anda ketika Anda mendapatkan masukan-masukan / ide-ide atau pendapat-pendapat baru tentang bagaimana mengerjakan suatu tugas / menyelesaikan suatu pekerjaan / cara mencapai suatu target !qApa yang Anda pikirkan tentang masukan / ide-ide / pendapat-pendapat tersebut?
qApa tindakan Anda berkaitan dengan masukan / ide / pendapat tersebut?
nUraikan kejadian ketika Anda memberikan masukan-masukan / ide-ide dalam menyelesaikan suatu tugas / menyelesaikan suatu pekerjaan / usaha untuk mencapai suatu target !
qApa yang membuat Anda merasa bahwa ide tersebut penting?
qSituasi apa yang mendorong Anda untuk mengeluarkan ide tersebut?
qApa dampak ide Anda pada hasil penyelesaian tugas / penyelesaian pekerjaan / pencapaian target?
nCeritakan pengalaman Anda ketika Anda menerapkan ide-ide baru untuk memberikan solusi terhadap permasalahan atau untuk memperbaiki sistim yang telah ada !
qSituasi apa yang mendorong Anda untuk menerapkan ide-ide tersebut?
qBagaiaman cara Anda menerapkan ide atau gagasan tersebut?
qApa peningkatan / perbaikan yang dicapai dengan menerapkan ide-ide tersebut?
qApa tanggapaan dari departemen lain terhadap perubahan yang telah anda lakukan?
nCeritakan pengalaman Anda ketika Anda harus menghadapi suatu perubahan situasi atau kondisi  secara global (baik secara internal maupun ekternal) yang sangat mempengaruhi pekerjaan atau tanggung jawab Anda beserta tim !

qApa yang Anda rasakan / pikirkan tentang perubahan situasi dan kondisi tersebut?
qApa dampak perubahan situasi atau kondisi tersebut terhdap tanggung jawab kerja Anda?
qTindakan-tindakan apa yang Anda lakukan dan kendala apa yang muncul?
qBagaimana hasil tindakan-tindakan yang Anda lakukan?
nUraikan usaha-usaha yang telah Anda lakukan dalam rangka mendorong tim Anda untuk berpikir lebih kreatif dan inovatif sehingga mampu memberikan hasil kerja yang lebih baik, efisien, dan memberikan nilai yang lebih !
qMengapa saat itu Anda merasa tindakan tersebut penting?
qLangkah-langkah konkret apa yang Anda lakukan saat itu?
qBagaimana Anda mengukur bahwa usaha Anda telah menunjukkan progres ?
Fleksibilitas dan adaptabilitasPertanyaan
Perilaku positifnMau menerima perubahan-perubahan baru.
nMenunjukkan respon positif terhdap ide-ide orang lain.
nMampu merubah rencana kerja / cara kerja yang telah disusun bila keadaan membutuhkan.
nMerubah cara pAndang terhadap masalah yang dihadapi dan mendapatkan taktik-taktik baru sebagai pemecahan masalah.
nMemberikan dorongan kepada orang lain / anggota tim agar berani menghadapi perubahan.
Perilaku negatif
nPesimis terhadap perubahan-perubahan baru.
nKurang bisa menerima ide-ide baru yang disampaikan orang lain.
nTidak mampu merubah rencana kerja bila situasi membutuhkan.
nTidak mampu merubah cara pandang terhadap suatu permasalahan sehingga tidak menghasilkan taktik atau cara-cara baru.
nCeritakan pengalaman Anda ketika Anda mengalami perbedaan pendapat dengan orang lain/rekan kerja dalam menghadapi / menyelesaikan suatu permasalahan / tugas!qApa yang Anda rasakan / fikirkan ketika terjadi perbedaan pendapat tersebut?
qTindakan apa yang Anda lakukan saat itu?
qApa pertimbangan yang mendorong Anda untuk bertindak seperti itu?
nUraikan kejadian ketika Anda harus menghadapi suatu perubahan situasi yang memperngaruhi cara kerja / standar kerja Anda!
qBagaimana situasi yang Anda hadapi saat itu?
qTugas apa yang harus Anda selesaikan saat itu?
qPerubahan cara kerja / stAndar kerja apa yang Anda lakukan?
qApa hasil dari tindakan Anda?
nCeritakan pengalaman Anda ketika Anda mendapatkan kesulitan untuk menyelesaikan tugas / pekerjaan / mencapai suatu target dengan menggunakan cara-cara yang konvensional!

qFaktor-faktor atau situasi apa yang menyebabkan Anda sulit untuk menyelesaikan tugas/pekerjaan/target tersebut?
qLangkah-langkah kerja / taktik apa yang Anda ambil?
qBagaimana hasilnya?
nCeritakan pengalaman Anda ketika Anda harus merubah seluruh perencanaan kerja yang telah Anda susun karena adanya perubahan situasi yang tidak terprediksi sebelumnya!
qApa reaksi Anda pertama kali?
qLangkah-langkah apa yang Anda ambil dalam menghadapi perubahan tersebut?
qApa yang Anda lakukan berkaitan dengan departemen/tim yang Anda pimpin?
Kepercayaan DiriPertanyaan
Perilaku positifnMenunjukkan keyakinan diri dalam bertindak sesuai dengan wewenang yang dimiliki.
nMenunjukkan sikap diri (verbal, non verbal, behaviour) yang mencerminkan kepercayaan diri.
nMampu menyampaikan pendapat disertai argumen-argumen untuk menyakinkan orang lain.
nBerhasil dalam melakukan lobby dengan orang lain.
nBerani membuat suatu keputusan dan menghadapi dampak-dampaknya secara pribadi.
nMengambil / mencari tugas-tugas dan tanggung jawab baru dengan memberikan ide-ide / gagasan-gagasan yang mneyakinkan.
Perilaku negatif
nTidak mampu menyakinkan orang lain.
nTidak mampu membuat keputusan secara pribadi (tergantung pada orang lain).
nTidak bertanggung jawab terhadap keputusan yang telah diambil.
nMenolak / tidak mencari tugas-tugas atau tanggung jawab baru.
nUraikan pengalaman Anda ketika Anda harus menyelesaikan suatu tugas / pekerjaan / target !qTugas / permasalahan apa yang harus Anda selesaikan saat itu ?
qApa halangan-halangan yang Anda hadapi saat itu dan bagaimana Anda menyelesaikannya ?
qBagaimana hasil dari tindakan Anda ?
nCeritakan kejadian dimana Anda memberikan pendapat / solusi terhadap suatu permasalahan dan berusaha menyakinkan pendapat / solusi itu pada orang lain !
qBagaimana cara Anda menyakinkan orang lain / tim bahwa pendapat / ide Anda bagus ?
qApa tanggapan yang Anda dapatkan ?
qBagaimana cara Anda mengetahui bahwa persepsi Anda tentang tanggapan orang / tim tersebut benar ?
nCeritakan pengalaman Anda ketika Anda membuat suatu keputusan yang beresiko tinggi !
qSituasi apa yang Anda tangani saat itu?
qApa yang Anda rasakan saat itu?
qTarget apa yang harus dicapai?
qBagaimana tanggapan dari rekan-rekan / personil Anda?
qApa tindakan Anda terhadap tanggapan mereka ?
nCeritakan pengalaman ketika Anda diminta untuk membuat perencanaan dan menyelesaikan sutau tugas atau tanggung jawab baru !
qApa yang Anda pikirkan dan Anda rasakan saat itu ? Apa reaksi Anda ?
qRencana tindakan apa yang Anda susun dan bagaimana Anda menyakinkan pihak yang memberikan  tenggung jawab tersebut ?
qBagaimana hasil usaha Anda?
Integritas dan kredibilitas PribadiPertanyaan
Perilaku positifnMenyampaikan informasi apa adanya.
nMembangun rasa percaya terhadap dirinya dengan menyelesaikan kewajiban dan tanggung jawabnya.
nMengungkapkan fakta apa adanya.
nMampu menerima dampak negatif dari sebuah  fakta dan berusaha untuk menetralkan situasi.
nMempertimbangkan situasi dan kodisi yang ada, berani untuk membuat keputusan yang sulit walaupun keputusan tersebut tidak disukai oleh banyak orang.
nMenerima kesalahan dan kegagalan yang telah dibuat tanpa menyalahkan situasi “dunia luar”.
Perilaku negatif
nMenyembunyikan informasi demi keamanan diri sendiri.
nMenyembunyikan fakta karena akan berakibat buruk bagi orang lain.
nMembuat keputusan yang populer dengan pertimbangan keamanan diri sendiri.
nCenderung membela diri atas tindakan dan keputusan yang telah dibuat.
nCeritakan pengalaman Anda ketika Anda mendapatkan kepercayaan dari orang lain / atasan / rekan kerja untuk menjalankan suatu tugas / menyelesaikan suatu permasalahanqTugas apa yang diberikan kepada Anda ?
qApa tindakan yang Anda lakukan ?
qKesulitan-kesulitan apa yang muncul ?
qBagaimana tanggapan ybs terhadapa hasil kerja Anda ?
nBerikan salah satu kejadian ketika Anda merasa harus menyampaikan / memberikan suatu informasi yang dapat menimbulkan dampak bagi orang lain !
qSituasi apa yang Anda hadapi saat itu ?
qApa yang Anda fikirkan dan rasakan tentang situasi ini ?
qBagaiman Anda memastikan bahwa informasi yang Anda berikan adalah benar-benar fakta ?
qApa dampak informasi yang Anda berikan bagi orang lain ? bagaimana Anda menghadapinya ?
nUraikan pengalaman Anda ketika  harus membuat suatu keputusan / kebijaksanaan penting untuk kepentingan bersama tetapi berdampak negatif bagi sebagian orang / sebagian anggota kelompok  !
qSituasi apa yang Anda hadapi sehingga Anda terdorong untuk melakukan tindakan    tersebut ?
qApa dampak keputusan  / kebijaksanaan yang Anda ambil ?
qBagaimana hasil dari kebijaksanaan yang Anda ambil ?
Kepemimpinan TimPertanyaan
Perilaku PositifnMemberikan informasi dengan jelas dan dimengerti oleh orang lain.
nMampu menjelaskan dampak dan pengaruh sebuah informasi atau kebijakan pada orang lain.
nMenggunakan metode komunikasi yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi.
nMemastikan bahwa orang lain / anggota tim memahami apa yang ingin dicapai.
nMenstimulasi orang lain / anggota tim untuk ikut mencari cara-cara penyelesaian masalah.
nMembuka diri terhadap masukan-masukan dari anggota tim / orang lain dalam membuat suatu keputusan.
nMemberikan motivasi dan kesempatan pada anggota tim untuk meningkatkan kenerja dan peran mereka dalam tim.
Perilaku Negatif
nMenyampaikan informasi namun kurang dapat dimengerti orang lain.
nTidak mampu menjelaskan dampak atau pengaruh dari suatu informasi atau kebijakan pada orang lain / anggota tim.
nMenggunakan cara / metode yang sama dalam menyampaikan informasi, tanpa berusaha memahami situasi dan kondisi yang dihadapai.
nMembuat keputusan berdasarkan pemikiran sendiri.
nCenderung menggunakan kontrol yang ketat dan kurang memberikan anggota tim untuk mengembangkan ide-ide dan gagasan-gagasan baru.
nKurang melibatkan anggota tim / orang lain dalam menyelesaikan permasalahan.
nUraikan pengalaman Anda ketika Anda mengorganisir sebuah tim untuk mencapai suatu tujuan !qApa tujuan yang harus dicapai tim tersebut ?
qTindakan apa yang Anda lakukan dalam rangka mengarahkan tim Anda untuk mencapai tujuan tersebut ?
qBagaimana hasil kerja tim tersebut ?
nUraikan pengalaman ketika Anda berhasil /sukses membawa tim Anda untuk mencapai suatu tujuan/ menyelesaikan suatu tugas !
qBagaimana cara Anda mengarahkan tim Anda ?
qBagaiamana Anda mengetahui bahwa tim Anda memahami apa yang Anda harapkan ?
qBagaimana hasil kerja dari tim tersebut ?
-
nCeritakan situasi ketika Anda bersama tim Anda mengalami kesulitan / megalamai hambatan untuk menyelesaikan suatu tugas atau mencapai suatu tujuan !
qMasalah apa yang Anda hadapi ?
qTindakan apa yang Anda lakukan bersama tim Anda?
qBagaimana Anda menentukan solusi-solusi yang diambil ?
qSiapa saja yang terlibat dalam pengambilan keputusan tersebut ?
-
nGambarkan situasi ketika Anda berusaha untuk meningkatkan motivasi tim / anggota tim ?
qMengapa hal tersebut Anda ambil ?situasi apa yang Anda hadapi?
qTujuan apa yang ingin Anda capai ?
qTindakan apa yang Anda ambil ?
qSeberapa baik hasil yag Anda capai saat itu ?
Orientasi pada strategiPertanyaan
Perilaku positifn  Memahami peran pribadi dalam pelaksanaan strategi bisnis.
n  Melakukan aktivitas yang berkaitan dengan pelaksanaan strategi bisnis.
n  Menyusun perencanaan yng berkaitan dengan penentuan sasaran-sasaran atau proyek-proyek yang mendukung strategi bisnis.
n  Melakukan antisipasi terhadap hambatan-hambatan yang muncul dalam pelaksanaan strategi bisnis dengan menciptakan strategi-strategi alternatif-alternatif.
Perilaku negatif
n  Kurang memahami peran pribadi dalam pelaksanaan strategi bisnis.
n  Menyusun perencanaan kerja tanpa memperhitungkan strategi bisnis namun lebih pada kepentingan pribadi.
n  Tidak / kurang melakukan antisipasi terhadap hambatan-hambatan yang muncul dalam melaksanakan rencana kerja.
nUraikan pengalaman Anda ketika Anda harus membuat skala prioritas kegiatan / aktivitas Anda berkaitan dengan pelakasanaan strategi yang telah ditetapkan oleh perusahaan !qMengapa Anda merasa harus melakukan hal ini ?
qApa yang Anda pikirkan tentang situasi ini?
qPertimbangan-pertimbangan apa yang mendasari Anda dalam membuat keputusan tersebut?
nCeritakan pengalaman ketika Anda membuat perencanaan kerja untuk departemen Anda dalam rangka menyukseskan strategi bisnis yang telah ditatapkan perusahaan !
qSituasi apa yang Anda hadapi saat itu dan bagaimana kaitannya dengan strategi bisnis yang telah ditatapkan oleh perusahaan ?
qApa yang Anda pikirkan tentang departemen Anda berkaitan dengan strategi bisnis yang telah
qLangkah kerja apa yang Anda susun saat itu ?
qCeritakan hasil tindakan Anda
nCeritakan situasi saat Anda merasa harus mereview rencana atau strategi-strategi awal yang telah Anda susun!

Situasi apa yang Anda hadapi saat itu dan bagaimana kaitannya dengan strategi bisnis yang telah ditatapkan oleh perusahaan ?
qSituasi apa yang mendorong Anda melakukan tindakan tersebut?
qApa yang Anda pikirkan tentang situasi ini?
qStrategi alternatif apa yang Anda susun?pertimbagan-pertimbagan apa yang Anda gunakan saat itu?
qCeritakan hasil tindakan Anda?
Pengembagan bawahanPertanyaan
Perilaku positifn  Yakin dan percaya bahwa orang bisa berubah dan mengembangkan kemampuannya secara teknis maupun dari sisi Perilaku
n  Memberikan instruksi-instruksi detail pada orang lain atau masukan-masukan yang spesifik pada orang lain agar ybs mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik.
n  Memberikan contoh konkret bagaiaman seharusnya pekerjaan / tugas dilakukan.
n  Mencari informasi-informasi dari luar organisasi untuk memberikan masukan-masukan yang akan memudahkan cara kerja pada sesama rekan kerja atau pada anggota tim.
n  Mendelegasikan tugas pada anggota tim dan kemudian memberikan umpan balik positif maupun negatif untuk pengembangan.
n  Memberikan dorongan atau motivasi pada rekan kerja / anggota tim.
n  Memberikan tugas-tugas yang menantang dalam rangka pengembangan dan memberikan otonomi dalam pelaksanaannya.
Perilaku negatif
n  Hanya memberikan umpan balik yang bersifat negatif.
n  Hanya melakukan pengembangan yang bersifat terbatas (pada kasus-kasus yang muncul saja).
n  Mengharapkan orang lain atau anggota timnya mengembangkan dirinya sendiri tanpa memberikan bimbingan atau fasilitas yang mendukung.
n  Tidak melakukan pengembangan yang terencana dan berjangaka waktu panjang.(hanya bersifat partial).
n  Tidak mengenali kebutuhan (informasi & fasilitas) yang dibutuhkan orang lain / anggota tim untuk mengembangkan diri.
nCeritakan pengalaman Anda ketika Anda menjumpairekan kerja / anggota tim yang menunjukkan kinerja yang kurang maksimal !qMengapa ybs tidak menunjukkan kinerja yang maksimal ?
qApa yang Anda fikirkan saat itu ?
qTindakan apa yang Anda lakukan saat itu ?
nCeritakan pengalaman Anda ketika Anda memberikan bimbingan dalam menjalankan tugas atau cara kerja pada rekan kerja / rekan dalam tim Anda !
qBagaimana pendekatan yang Anda lakukan dalam memberikan bimbingan tersebut ?
qApa reaksi dari rekan kerja / rekan dalam tim tersebut ?
qSeberapa baik hasilnya
nCeritakan langkah-langkah pengembangan (skill, knowledge) yang sudah Anda lakukan  pada tim Anda !
qSituasi apa yang Anda hadapi saat itu sehingga Anda melakukan tindakan pengemabangan dalam tim Anda ?
qLangkah – langkah apa yang Anda lakukan saat itu agar pengembagnan tim Anda tercapai ?
qBagaimana Anda mengukur tingkat perkembagana dari tim Anda ?
Kepemimpinan perubahanPertanyaan
Perilaku positifn  Mencari kekurangan dari sistem atau proses yang telah ada dalam rangka mencari cara-cara yang lebih efektif dan lebih baik.
n  Memberi penjelasan pada anggota tim tentang area-area kerja dalam tim yang dapat dipebaiki atau diperbaharui.
n  Mengajak anggota tim / orang lain untuk melakukan perubahan dengan cara memodifikasi sasaran-sasaran, tujuan-tujuan yang telah direncanakan di waktu lalu.
n  Melibatkan anggota timnya untuk ikut serta dalam usaha untuk melakukan perubahan dalam tim atau departemen.
n  Melakukan perubahan-perubahan terhadap sistim konvensional yang telah berjalan selama ini untuk menghasilkan out put yang lebih baik, lebih efektif dan efisien
Perilaku negetif
n  Terfokus untuk menjalankan sistim yang telah ada.
n  Tidak ada upaya mengajak orang lain / anggota tim untuk melakukan perubahan atau memberi penjelasan tentang pentingnya perubahan.
n  Tidak mampu melibatkan anggota tim untuk berperan serta dalam melakukan perubahan pada cara kerja atau sistim yang ada.
nCeritakan situasi dalam tim Anda yang menurut Anda belum ideal / efektif / memerlukan perbaikan ?qApa yang membuat Anda merasa bahwa keadan tersebut belum ideal ?
qApa yang Anda fikirkan saat itu ?
qApa tindakan Anda dalam tim tersebut ?
nUraikan berbagai macam perubahan pada tim / departemen / sistim yang telah Anda lakukan !
qSituasi apa yang mendorong Anda melakukan perubahan ?
qPerubahan apa yang Anda lakukan dan apa yang ingin Anda capai ?
qBagaimana hasil kerja Anda ?
nCeritakan upaya-upaya yang Anda lakukan selama ini dalam rangka mendorong  tim / anggota departemen Anda agar mampu menghasilkan perubahan-perubahan positif dalam dunia kerja mereka sehingga menghasilkan hasil kerja yang kebih baik !
qLangkah –langkah apa yang Anda lakukan kepada tim / anggota departemen Anda ?
qBagaimana Anda mempengaruhi dan menanamkan kemauan untuk berubah untuk berkembang lebih baik pada tim / anggota departemen Anda ?
qSeberapa besar perubahan yang terjadi ?
Analisis dan penyelesaian masalahPertanyaan
Perilaku positifn  Mampu mengurai masalah dalam bagian-bagian yang lebih kecil.
n  Mengenali hubungan antar bagian-bagian permasalahan.
n  Mengetahui hubungan sebab-akibat  dari dari suatu kejadian.
n  Mengenali berbagai potensi yang dapat menimbulkan masalah dan merencanakan antisipasi.
n  Melakukan analisa hingga menemukan akar permasalahan.
n  Menganalisa situasi dan kejadian di masa lalu untuk memprediksi kejadian di masa kini.
n  Dalam menghadapai permasalahan yang rumit, mampu membuat solusi yang mudah dipahami dan dimengerti orang lain.
Perilaku negatif
n  Tidak mampu mengurai masalah ke dalam bagian-bagian yang kecil.
n  Melihat permasalahan hanya perbagian saja tanpa mencari hubungan satu sama lain.
n  Tidak mencari informasi untuk melakukan analisa terhadap suatu permasalahan.
n  Membuat kesimpulan tanpa menggunakan data-data yang mendukung.
n  Tidak menemukan akar permasalahan.
n  Mengambil keputusan tanpa mempertimbangkan sebab di waktu lalu dan akibat di masa yang akan datang.
nCeritakan ketika Anda melakukan analisa dan mengidentifikasi penyebab dari suatu masalah!qPermasalahan apa yang Anda hadapi saat itu?
qBagaimana cara Anda menganalisa masalah tersebut ?informasi-informasi apa saja yang Anda gunakan untuk melakukan analisa?
qHal-hal apa saja yang Anda temukan saat itu?
nCeritakan uraikan permasalahan yang rumit dan kompleks yang baru-baru ini Anda tangani!
qApa yang Anda pikirkan tentang masalah ini ?
qApa dampak-dampak yang dapat timbul dari masalah tersebut ?
qLangkah-langkah penyelesaian apa yang Anda lakukan?
qPertimbangan-pertimbangan apa yang Anda gunakan saat itu?
qBagaimana dampak dari solusi yang lakukan?
nCeritakan pengalaman Anda ketika Anda menerapkan solusi dan ide Anda untuk megatasi masalah rumit yang dihadapi oleh tim / departemen Anda !
qMasalah rumit apa yang Anda hadapi saat itu?
qBagaimana Anda memastikan bahwa tim Anda memahami situasi yang sedang dihadapi oleh departemen / tim Anda ?
qTindakan-tindakan apa yang Anda lakukan untuk memastikan bahwa solusi dan ide Anda dipahami dan dapat dijalankan oleh tim / departemen Anda ?
qBagaimana hasil tindakan Anda berkaitan dengan kinerja tim / departemen Anda dalam menyelesaikan permasalahan tersebut ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar